Sunday, October 11, 2009

Sejarah C

C dibuat oleh di AT&T Bell Labs pada sekitar tahun 1969 sampai 1973 oleh beberapa programmer. C, pada masa awal bukan berarti hanya sebuah bahasa pemrograman tetapi adalah sebuah compiler untuk mengubah bahasa pemrograman menjadi bahasa mesin. Pada waktu itu mesin targetnya adalah DPD-7.

Bahasa pemrograman C dinamai demikian karena terinspirasi pendahulunya yaitu B yang dibuat oleh orang-orang yang sama di perusahaan yang sama.

Pada tahun 1978, buku pertama tentang C yaitu The C Programming Language yang dibuat oleh Brian Kernighan dam Dennis Ritchie dipublikasikan. Dari buku ini kemudian C berkembang dan mengalami sedikit perubahan dan mengalami standarisasi. Versi bahasa C yang merujuk pada buku tersebut disebut K&R C.

Standar bahasa C yang saat ini banyak digunakan adalah standar ANSI yang dimulai distandarisasi tahun 1998. Standar ini kemudian diadopsi oleh ISO (International Organization for Standardization) yang kemudian dikenal dengan nama ANSI C atau C89 atau C90.

Standar C relatif sedikit berubah, tahun 1990 baru ada perubahan untuk mengkoreksi beberapa detail yang tidak jelas dan untuk mendukung international character set dan dipublikasikan sebagai standar ISO/IEC 9899:1999. Standar ini lebih dikenal sebagai C99.

Standar terbaru yang sedang dikembangkan diberinama C1X, yang sampai saat ini masih dalam tahap finalisasi.

Standar yang kita gunakan untuk membuat aplikasi dengan C tergantung dari compiler yang kita gunakan, jika compiler mendukung standard terbaru (C99) maka sebaiknya kita menggunakannya.

No comments:

Post a Comment