Tuesday, October 13, 2009

Hello world: Belajar dari contoh sederhana

Sebelum mulai dengan detail, saya kira lebih mudah untuk mempelajari sebuah struktur program aplikasi komplit yang dibuat deganan C dengan sebuah contoh. Berikut ini contoh sederhana untuk menampilkan tulisan "Hello world".

Contoh sederhana:

1: #include <stdio.h>
2:
3: /* Program contoh untuk menampilkan tulisan di layar */
4: int main() {
5: char name[] = "world";
6: printf("Hello %s!", name);
8: return 0;
9: }

Sekarang kita bahas masing-masing bagian dari code tersebut.

Baris 1 menunjukan bahwa program menggunakan (include) file lain yang disebut file header. Dalam hal ini file lain tersebut adalah stdio.h

Baris 2 adalah baris kosong, yang tidak berarti apa-apa.

Baris 3 adalah sebuah komentar yang digunakan sebagai catatan untuk memperjelas code yang kita buat. Komentar ini tidak akan diproses oleh compiler.

Baris 4 sampai 7 adalah sebuah fungsi tanpa argument yang bernama "main". Fungsi ini adalah fungsi utama yang akan dipanggil pertama kali saat program dijalankan. Fungsi ini akan mengembalikan nilai integer yang ditandai dengan "int" di depan nama fungsi. Nilai balikan (return value) dapat digunakan oleh fungsi lain yang memanggilnya atau oleh program lain yang memanggil program ini.

Baris 5 adalah deklarasi suatu variabel. Varibel yang dibuat adalah varibel array character bernama name yang berisi karakter-karakter yang membentuk kata "World"

Baris 6 adalah penggunaan fungsi printf untuk menampilkan tulisan "Hello world!" di layar. Fungsi printf tidak perlu kita buat karena bisa kita sebut sebagai fungsi yang sudah didefinisikan (built-in). Kita bisa menggunakan fungsi ini karena kita sudah menggunakan file header stdio.h

Baris 8 adalah kode yang memerintahkan untuk keluar (selesai) dari fungsi main dengan memberikan return value 0. Keluar dari fungsi main berarti program berakhir.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment