Sunday, October 11, 2009

Pengenalan: Kenapa belajar C?

Bahasa pemrograman C adalah bahasa pemrograman yang saat ini tidak dibegitu populer dibandingkan Java atau .NET, bahkan mungkin kalah populer dibandingkan turunannya yaitu C++. Tetapi C masih banyak dipakai terutama di lingkungan sistem operasi serpeti UNIX seperti Linux, Solaris dan juga digunakan untuk pemrograman embedded system. C masih menjadi pilihan sebagai bahasa pemrograman untuk sistem operasi.

Alasan orang masih memilih C karena C merupakan bahasa pemrograman yang sudah cukup tua sehingga mature, cukup dekat dengan bahasa mesin sehingga ukurannya bisa cukup kecil dan optimasi bisa dilakukan sesuai dengan jenis mesin (prosesor). Selain itu karena bahasa ini sudah ada sejak lama, banyak code atau pustaka (library) yang bisa kita dapatkan di Internet yang bisa kita dapatkan untuk dipelajari atau digunakan secara gratis.

Apakah alasan tersebut diatas sudah cukup untuk anda belajar bahasa pemrograman C atau menggunakan C sebagai bahasa pemrograman pilihan anda?

Saran saya adalah, pilihlah bahasa perograman yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan fanatik pada satu bahasa pemrograman saja. Bukan jamannya lagi anda hanya bisa menggunakan satu bahasa pemrograman. Bahasa hanyalah perangkat yang kita gunakan untuk membuat suatu yang menjadi tujuan akhir kita.

No comments:

Post a Comment